Friday 22 August 2014

Proses penjurian karya aplikasi CUT & RE-MIX FKY 26

Pameran senirupa CUT & RE-MIX di Jogja Gallery, 2 - 9 September 2014, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Festival Kesenian Yogyakarta ke-26 (FKY 26). Karya-karya seniman muda hasil seleksi dan karya seniman undangan akan dipamerkan dalam pameran ini. Penjaringan karya dilakukan dengan sistem open call dibuka sejak tanggal 22 juli sampai 19 agustus 2014 dengan cara aplikasi yang dikirim ke tim panitia yang mendapatkan respon yang sangat baik dari para perupa muda baik dari Yogyakarta maupun  luar kota Yogyakarta. Sampai hari terakhir penerimaan aplikasi karya, tercatat ratusan aplikasi yang diterima panitia, selanjutnya dibawa ke proses seleksi dan penjurian. 

Proses seleksi dan penjurian diselenggarakan di Ruang Jurnal, Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta pada tanggal 21 Agustus 2014, jam 13.00 - 19.00. Tim juri adalah Ruang Jurnal yang beranggotakan Sujud Dartanto (narasumber pameran CUT & RE-MIX FKY 26), AC. Andre Tanama, Rain Rosidi, Koskow Widyatmoko dan Nano Warsono serta direktur artistik pameran Farid Stevy Asta. Selain menyeleksi karya berdasarkan syarat dan ketentuan aplikasi yang sudah dipublikasikan sebelumnya, beberapa parameter penilaian digunakan oleh tim juri dalam menyeleksi karya-karya aplikasi, sehingga diharapkan karya-karya yang lolos seleksi adalah karya-karya yang relatif baru, memiliki inovasi teknik, kebaruan bentuk dan kesegaran gagasan, serta memiliki semangat cut & re-mix. 

Pada akhir penjurian, tim juri bersama panitia pameran juga memutuskan untuk memilih lebih dari 40 karya dari yang direncanakan. Akhirnya sejumlah 48 aplikasi karya berhasil lolos seleksi dan akan dipamerkan bersama 10 karya seniman undangan. Pengumuman hasil seleksi ada di postingan berikutnya di blog ini. Kepada seluruh perupa muda yang telah berpartisipasi dalam open call pameran ini, tim panitia menghaturkan terima kasih sebesar-besarnya. Selanjutnya, bagi para perupa muda yang karyanya lolos seleksi akan dihubungi oleh tim panitia dan diharapkan bisa mengikuti proses berikutnya sampai pada terselenggaranya pameran ini.

No comments:

Post a Comment